Senin, 04 Januari 2016

Sejarah Kepanduan Kepramukaan Dunia



          Pendiri kepanduan kepramukaan dunia adalah Lord Boden Powell (Lord Robert Stephenson Smyth Boden Powell) lahir di London, Inggris tgl 22 feb 1857 wafat di Nyeri, Kenya, Afrika tgl 8 jan 1941. Nama kecilnya Robert Stephenson Smyth Boden Powell. Ayah Boden Powell adl prof. Domine H. G. Boden Powell/ prof. Di univ. Oxford. Ibu boden Powell adl Henrieta Grace Smyth/putri atmiral inggris. Istri Boden Powell adl Olave St Clair Soames. Anak Boden Powell adl Peter, Heather, dan Betty. Adik perempuan Boden Powell adl Agnes. Buku karangan Lord Boden Powell diantaranya :
a)    aids to scouting (1901)
b)   scouting for boys(1908)
c)    rovering to succes(1922)
buku pertama berisi pedoman memandu. Buku ini dipakai utk bacaan sekolah laki2 inggris.
          Perkemahan kepanduan pertama  bertempat di Brown Sea Island, Inggris thn 1907, diikuti 20 anak selama 14 hari. Sehubungan dg perkemahan itu tiap minggu di terbitkan majalah berjudul “A Hand Of Instruction In good Citizen Shipthrough Wood Craff” berisi pengalaman dari perkemahan tsb di tambah buletin aids to scouting.
          Buku Scouting For Boys thn 1908 ditulis, digambar, dan dihiasi oleh Boden Powell. Pad thn 1908 Major Jend. Boden Powell mengdakan perkemahan kedua dg peserta 1500 pandu.
          Thn 1910 di Inggris mempunyai 109000 pandu. Thn 1910 kepanduan meluas ke seluruh dunia, dg tujuan mendidik anak2 agar sehat dan kuat jasmani dan rohani. Thn 1912 Boden Powell mengadakan penjelajahan ke negara2.
          Thn 1920 di London , Inggris diadakan jambore dunia 1 di ikuti 27 negara. Malam terakhir 16 agt 1920 Boden Powell di angkat sebagai bapak pandu dunia (chief scout of the world). Boden Powell di anugrahi oleh raja george V dg julukan Baron bernama Lord Boden Powell of Gilwell. Ketika usianya 80 thn bersama istrinya Boden Powell menetap di negeri Kenya, Afrika. Sebulan lebih sedikit  sebelum ultah ke 84, boden powell wafat di kenya, afrika tgl 8 jan 1941.
          Orang belanda membawa gagasan itu ke Indonesia bernama Organisasi NIPV (Netherland Indische Padvinders Vereeniging).

Pengertian, Tujuan, Fungsi, Sifat Misi Pramuka
Gerakan praja muda karana (pramuka) berarti gerakan orang muda yang berkarya untuk kemuliaan bangsa, negara, dan Tanah Air Indonesia. Pramuka adl suatu permainan menarik yang di dalamnya mengandung unsur pendidikan di alam terbuka. Tempat anak dan orang dewasa/ orang tua pergi bersama-sama, menembara utk melaksanakan kegiatan.
Tujuan pramuka adl mendidik anak dan pemuda-pemudi indonesia dg prinsip dasar metodi kepramukaan ke arah manusia berwatak luhur, berdasar pancasila, dan setia pada NKRI.
Fungsi/manfaat pramuka :
a)    bagi anak muda sebagai permainan
b)   bagi orang dewasa sebagai pengabdian
c)    bagi masyarakat dan organisasi sebagai alat.
Sifat pramuka : nasional, internasional, dan universal.

Misi pramuka :mempersembahkan kader2 pembangunan yaitu manusia berpancasila, jujur, berbudi luhur, trampil, cerdas, dan setia pada negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar