Jumat, 15 April 2016

Lagu Daerah Indonesia Dengan Penciptanya dan Makna Lagu



1.       Judul lagu            : ampar-ampar pisang
Pencipta              : Hamiedan AC
Makna Lagu        : Asal usul lagu ampar ampar pisang ini pada awalnya dinyanyikan secara iseng  saat masyarakat kalimantan selatan membuat sebuah kue/makanan yang terbuat dari pisang. Makanan ini bernama rimpi. Cara membuat makanan ini adalah dengan cara pisang di diampar (disusun) kemudian dibiarkan hingga hampir matang.

2.       Judul lagu            : bubuy bulan
Pencipta              : benny korda
Makna lagu         : Lagu ini bercerita tentang kesedihan seseorang yang ditinggalkan oleh kekasih. Kesedihan itu bertambah buruk ketika seseorang itu melihat seseorang yang melewat setiap pagi dan melihat sorot matanya terkenang oleh kekasih yang dulu meninggalkannya.

3.       Judul lagu            : gundul-gundul pacul
Pencipta              : RC Hardjo Subroto
Makna lagu         : bahwa seorang pemimpin sesungguhnya bukan orang yang diberi mahkota tetapi dia adalah pembawa pacul untuk mencangkul, mengupayakan kesejahteraan bagi rakyatnya.

4.       Judul lagu            : ketabo
Pencipta              : nahun situmorang
Makna lagu         : di Mandailing si anak gadis ditempatkan dan dilamar di bagas podoman yang dikhaskan buat mereka yang sudah remaja di bawah pimpinan seorang warga wanita tua yang dihormati masyarakat setempat.


5.       Judul lagu            : piso surit
Pencipta              : djaga depari
Makna lagu         : Menceritakan tentang sang gadis yang sering sekali tidak mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan kekasihnya dan selalu teringat akan kekasihnya itu sehingga mengandaikan dirinya sebagai burung Piso Surit yang selalu berkicau sendu. Sang gadis ini selalu menanyakan keadaan dan keberadaan kekasihnya sambil menangis dalam penantiannya.sang gadis mengatakan di dalam hatinya kepada kekasihnya untuk segera pulang dan menyudahi penantiannya.

6.       Judul lagu            : tudung periuk
Pencipta              : attataya butang emas
Makna lagu         : Lagu yang pendek ini menceritakan banyak perihal dan persoalan mengenai orang Melayu.

7.       Judul lagu            : makan sirih
Pencipta              : attataya batang emas
Makna lagu         : Dalam kehidupan orang Melayu di kenal sebagai sebuah tradisi yang yang disebut dengan berkapur sirih, yaitu tradisi makan sirih yang diramu dengan kapur dan pinang. Tradisi makan sirih merupakan warisan budaya masa silam, lebih dari 300 tahun yang lampau hingga saat ini.

8.       Judul lagu            : manuk dadali
Pencipta              : sambas mangandikarta
Makna lagu         : menggambarkan begitu gagahnya burung garuda yang merupakan simbol negara Indonesia. Burung garuda memegang teguh pancasila di tubuhnya, Pancasila memiliki 5 Sila yang menggambarkan kepribadian bangsa Indonesia.

9.       Judul lagu            : jali jali
Pencipta              : -
Makna lagu         : Berpisah untuk berjumpa lagi, Perpisahan kadang juga suatu awal dari kemajuan karir seseorang, Maunya sih memang tidak usah ada perpisahan, tapi kayaknya sudah jadi hukum alam bahwa setiap ada perjumpaan pasti akan ada perpisahan



2 komentar: