Senin, 04 Januari 2016

pengetahuan umum kepramukaan

Sejarah kepramukaan Indonesia
Gerakan kepanduan di Indonesia diperkenalkan oleh pemerintah Belanda dengan nama NIPV (netherland indische padvinders veereniging). Panvinders di ganti pandu yang artinya penolong oleh KH. Agus Salim (bapak pandu Indonesia).
Pada masa pergerakan nasional didirikan bermacam organisasi kepanduan : JPO, JJP, HVV, NATIPIJ, SIAP, dll. Thn 1930 INPO, PK, PPS melebur menjadi KBI, PAPI (Persatuan Antar Pandu Indonesia) dirubah menjadi badan pusat persaudaraan kepanduan Indonesia (BPPKI) waktu pendudukan jepang organisasi kepanduan dilarang. Sesudah kemerdekaan Indonesia terbentuk pandu rakyat Indonesia. Ada 100 organisasi kepanduaan menjelang thn 1961. Yang terhimpun dalam 3 federasi : IPINDO (ikatan pandu Indonesia), POPPINDO (persatuan pandu putri Indonesia), PKPI (perserikatan kepanduan putri Indonesia).  Ketiga federasi tersebt melebur diri menjadi PERKINDO (persatuan kepanduan Indonesia). Pada tgl 21 jan 1953 PERKINDO diterima sebagai angota kepanduan internasional.
Berdasarkan keputusan presiden republik Indonesia nomer 238 thn 1961 ttg gerakan pramuka. Pada tgl 20 mei 1961 di tanda tangani Ir. Djuanda PD. Presiden republik Indonesia.
Tgl 14 agt 1961 semua pandu di Indonesia melebur menjadi gerakan pramuka (hari lahirnya pramuka). Setiap tgl 14 agt kita peringati HUT pramuka.
Pada thn 1967 gerakan pramuka ikut jambore dunia di Amerika. Dalam komite gerakan kepanduan se Asia-pasifik periode 1972 – 1974 terpilih ketua = Dr. Azis Shaleh dari Indonesia. Tgl 1 jun 1974 bapak hamengkubuwono IX selaku kwarnas mendapat tanda kehormatan ajang perunggu (Brenze Wolf Award) dari komite kepanduan sedunia di Jenewa, Swiss.
Thn 1974 presiden soeharto diangkat sebagai pelindung gerakan kepanduan Indonesia (kepatron of world scout) oleh komite kepanduan sedunia.
Sri sultan hamengkubuwono IX sebagai bapak pramuka Indonesia.
Kegiatan besar pramuka penggalang adl jambore nasional. Jamboree nasional / jamnas :
1.     JAMNAS I di situ baru, Jakarta thn 1973
2.    JAMNAS II di sibolangit, Sumatra utara thn 1977
3.    JAMNAS III di cibubur, Jakarta thn 1981
4.    JAMNAS IV di cibubur, Jakarta thn 1986
5.    JAMNAS V di di cibubur, Jakarta thn 1991
6.    JAMNAS VI di cibubur, Jakarta thn 1996
7.    JAMNAS VII di baturaden, purwokerto, jateng thn 2001
8.    JAMNAS VIII di jatinamor, sumedang, jabar thn 2006
9.    JAMNAS IX di teluk gelang, oga dilir, sumsel thn 2010

Salam pramuka
          Perkataan salam berasal dari bahasa arab artinya selamat atau sejahtera utk anda. Salam (penghormatan) adl perwujudan dari penghargaan dari seseorang terhadap orang lain atas dasar susila yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.
          Salam pramuka adl salam yang diberikan kepada semua anggota pramuka. Yang lebih dahulu haruslah memberi salam dan yang diberikan salam harus membalasnya.
          Cara memberi  salam :
memberi salam dengan memakai atau tidak sama saja, sesudah mengambil sikap sempurna sebagai berikut :
1)    dengan gerakan cepat tangan kanan di angkat kea rah pelipis kanan, siku2 sorong ke depan 150, kelima jari lurus, rapat rapat satu sama lain, telapak tangan serong ke bawah dan ke kiri, ujung jari tengah dan telunjuk mengenai pelipis.
2)   Pergelangan tangan lurus , bahu seperti sikap sempurna. Pandangan muka tertuju kepada yang di beri hormat.

3)   Jika selesai, lengan kanan sikap sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar