Senin, 04 Januari 2016

MANFAAT PEPAYA


Kali ini saya akan membahas tentang manfaat pepaya. Manfaat pepaya untuk kesehatan  hampir tak terhitung, mulai dari daun, bunga, biji, akar, getah dan akarnya. Bagi anda yang mementingkan kesehatan, simak baik-baik penjelasan di bawah berikut.
A.   Manfaat daun pepaya
1.     Bermanfaat sebagai penyembuh penyakit demam berdarah. Dengan cara merebus 5 lembar daun pepaya dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja.
2.    Bagi kaum hawa ini bermanfaat meredakan nyeri haid. Yaitu dengan cara mencampurkan 1 lembar daun pepaya, asam jawa, garam secukupnya dan air kemudian direbus hingga matang.
3.    Bermanfaatkan memperlancar pencernaan. Jadi bagi kalian yang sedang terganggu pencernaannya di sarankan memanfaatkan daun pepaya ini.
4.    Bagi remaja yang sering terganggu oleh kehadiran jerawat yang menyebalkan, daun pepaya bisa menjadi solusi mengatasinya. Yaitu dijadikan sebagai masker anti jerawat.
5.    Bagi ibu-ibu yang sedang memasak daging, terkadang daging itu keras, nah daun pepaya bisa melunakkan daging. Caranya dengan menghancurkan daun pepaya yang masih basah dan campurkan ke dalam daging yang telah diiris-iris.

B.    Manfaat bunga pepaya
Bunga pepaya juga bisa di manfaatkan loh. Salah satunya di masak menjadi masakan sederhana nan enak rasanya. Hehe. Oke, saya akan memberikan resep masakan daun pepaya. Selamat mencoba!
Tumis bunga pepaya :
รจ Alat dan bahan :
-          250 gram bunga pepaya, bersihkan.
-          2 sendok makan minyak sayur.
-          5 siung bawang merah, iris tipis.
-          2 siung bawang putih, iris tipis.
-          1 batang daun bawang, potong 3 cm.
-          2 buah cabai merah, iris serong tipis.
-          2 buah cabai hijau, iris tipis.
-          4 buah cabai rawit merah, iris serong.
-          1 lembar daun pandan muda, iris kasar.
-          50 gram teri, nasi tawar goreng
-          1 buah jagung manis, serut bijinya.
-          30 lembar daun kemangi
-          ½ sendok teh merica bubuk
-          1 sendok teh garam

C.    Manfaat biji pepaya
Berikut ini manfaat dari biji pepaya :
1.     Biji pepaya sebagai anti bakteri
2.    Biji pepaya dalam perlindungan ginjal
3.    Biji pepaya dalam menghilangkan parasit usus
4.    Biji pepaya basmi racun hati
5.    Biji pepaya atasi cacingan
Perhatian : bagi ibu hamil jangan sekali-kali mengkonsumsi biji pepaya sebagai obat karena akan menyebabkan resiko keguguran.

D.   Manfaat akar pepaya

Manfaat akar pepaya sebagai obat bagi penyakit ginjal, baik yang sudah terkena maupun untuk menghindari penyakit ginjal. Caranya dengan rebus 3 potong akar pepaya bersama 1 liter air kemudian campur dengan madu untuk meminumnya. Selain itu, akar pepaya juga baik untuk mengobati cacingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar