Sabtu, 11 November 2017

LAPORAN PRAKTIKUM CEK GOLONGAN DARAH



A.     Tujuan
-          Menentukan jenis golongan darah berdasarkan sistem ABO

B.     Dasar Teori
Berdasarkan komposisi aglutinogen dan aglutininnya, golongan darah manusia dibedakan menjadi golongan darah  A, B, AB, dan O. Penggolongan darah ABO ditemukan oleh seorang ahli imunologi Austria, Karl Landsteiner (1868-1943). Penggolonan darah ini berdasarkan atas terdapatnya dua jenis aglutinogen yaitu aglutinogen A dan aglutinogen B.
Aglutinogen dan aglutinin adalah kandungan protein di dalam darah. Aglutinogen merupakan protein berupa antigen, sedangkan aglutinin merupakan protein berupa antibodi. Aglutinogen terdapat pada eritrosit, sedangkan aglutinin terdapat pada plasma darah.

C.     Alat dan bahan
1.      Gelas preparat
2.      Lanset
3.      Kapas
4.      Tusuk gigi
5.      Pipet tetes
6.      Spidol
7.      Alkohol 70%
8.      Serum anti-A dan serum anti-B

D.     Cara kerja
1.      Memberi tulisan pada permukaan gelas preparat dengan huruf A (di bagiankiri) dan huruf B (di bagian kanan) menggunakan spidol.
2.      Membersihkan ujung jari tengah menggunakan kapas yang telah diberi alkohol. menusuk lanset pada ujung jari tengah, kemudian meneteskan pada gelas benda (dibagian A dan B). Pada saat menusuk jadi dengan lanset harus berhati-hati agar keselamatan tetap terjaga.
3.      Memberi setetes serum anti-A pada darah di bagian A dan serum anti-B pada darah di bagian B.
4.      Mengaduk darah yang telah diberi antiserum menggunakan tusuk gigi. Tusuk gigi yang sudah digunakan untuk mengaduk darah bagian A tidak digunakan lagi untuk mengaduk darah bagian B.
5.      Setelah lima menit, mengamati apa yang terjadi pada darah tersebut.

E.      Hasil pengamatan
no
Serum anti-A
Serum anti-B
kesimpulan
1
Tidak menggumpal
Menggumpal
Memiliki golongan darah B

F.      Pembahasan

G.     Pertanyaan
1.      Antigen apa yang terkandung pada sel darah Anda? Anti gen A.
2.      Golongan darah apa yang Anda miliki? Golongan darah B.

3.      Apa kesimpulan dari percobaan ini? Jika darah mengumpal ketika diberi serum anti-B maka darah tersebut termasuk kedalam golongan darah B. Begitu sebaliknya belaku pada serum anti-A. Jika darah tidak menggumpal semua, maka darah tersebut termasuk golongan darah O. Jika menggumpal semua maka termasuk golongan darah AB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar